SAR Klaten Adakan Latgab 3 Hari Di Lereng Merapi

Klowor_latgab-sar upKLATEN – SAR Klaten mengadakan latihan gabungan (latgab) SAR dan Potensi SAR 2015, Jumat-Minggu(18-20/9). Selain untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Sar Klaten, kegiatan ini juga dilakukan untuk melakukan pembinaan terhadap potensi SAR Klaten.

“Latgab ini dilakukan di lereng Merapi Dukuh Pajegan, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang selama tiga hari,” kata staf bidang humas dan informasi SAR Klaten, Dije Bakar Murwanto, Senin(21/9).

Kegiatan ini, imbuh Dije, diikuti oleh 30 peserta dari beberapa unsur potensi SAR Klaten. Diantaranya, potensi SAR Tlogowatu-Kemalang, Walet-Manisrenggo, Turahan Awu dan Unit SAR Tegalmulyo.

“Bukan hanya potensi, pengurus dan anggota juga ikut terlibat dalam latgab ini,” tambah Dije.

Lebih lanjut Dije menjelaskan, materi latgab yang diberikan antara lain, Manajemen Perjalanan Gunung Hutan, Navigasi Darat, Sistem SAR dan Eksplorer SAR (ESAR). Bukan itu saja, dalam latgab ini juga dilakukan pengenalan simulasi evakuasi medan sulit dengan teknik vertical rescue oleh Tim Vertical Rescue SAR Klaten yang merupakan unit khusus di bawah Bidang Operasi.

“Dalam simulasi tersebut, peserta mensimulasikan kegiatan pencarian dengan mengaplikasikan navigasi darat dan ESAR,” jelas Dije.

Sementara itu, Komandan SAR Klaten, Pandu Wirabangsa menjelaskan, latgab SAR dan Potensi SAR ini sengaja diadakan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) SAR Klaten. Selain itu, kegiatan ini juga diadakan untuk melakukan pembinaan terhadap potensi SAR Klaten.

“Ini merupakan latihan rutin yang sudah teragendakan guna meningkatkan kapasitas SDM pengurus, anggota maupun potensi SAR,” urai Pandu.