Rampung TMMD, Kodim Bakal Garap Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar

KLATEN – Berakhirnya program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung di Desa Gemampir, Kecamatan Karangnongko pada Selasa (13/11) lalu tak mengakhiri Kodim 0723/Klaten untuk berkarya. Pasalnya, pekan depan prajurit TNI ini akan kembali menggelar kegiatan serupa, namun dengan tajuk berbeda.

Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim 0723/Klaten, Kapten Inf Sukatman menjelaskan, kegiatan bertajuk Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar di Desa Kaligayam, Kecamatan Wedi, itu akan berlangsung pada 21 November- 20 Desember mendatang. Sasaran kegiatannya berbentuk fisik dan nonfisik seperti dalam kegiatan TMMD.

Hanya saja, lanjut dia, sumber pendanaan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar itu semuanya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Klaten. Adapun sasaran kegiatan fisik meliputi, betonisasi jalan pertanian sepanjang 1.850 meter, lebar 3 meter dan tebal 12 cm; pembangunan talud dengan panjang 60 meter, tinggi 1,5 meter dan tebal 40 cm; serta pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 10 unit.

“Total biaya Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar ini semuanya dari APBD Klaten sekitar Rp 546,8 juta. Termasuk untuk kegiatan rehab 10 unit RTLH dengan alokasi anggaran Rp 10 juta per rumah. Tujuannya untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat, serta menumbuhkan kembali rasa gotong royong yang sudah mulai memudar,” jelasnya, Kamis (15/11).

Hal senada juga disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Klaten, Ronny Roekminto. Berbeda dengan TMMD, kegiatan Karya bakti Mandiri Klaten Bersinar merupakan program kerjasama antara Pemkab Klaten dan Kodim 0723/Klaten.

Dalam kegiatan tersebut, sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) juga akan memberikan kegiatan pendamping yang menyangkut pelayanan masyarakat. Antara lain, pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran dan administrasi kependudukan lainnya, hingga layanan Keluarga Berencana (KB).

“Kegiatan Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar di Desa Kaligayam, Kecamatan Wedi, pada pekan depan itu merupakan hasil kerjasama pemkab dengan Kodim Klaten. Selain menyasar kegiatan fisik, nantinya juga diselenggarakan kegiatan nonfisik berupa penyuluhan hukum, anti narkoba hingga wawasan kebangsaan,” pungkas Ronny.