Prabowo Sowan ke Ponpes Klaten

KLATEN – Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Darul Qur’an Salafiyah di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Klaten, Selasa (30/10) sore. Mantan Danjen Kopassus ini menyatakan bahwa kunjungannya murni memperat tali silaturahmi, bukan meminta dukungan politik.

“Saya garis bawahi. Saya datang tidak minta dukungan untuk pemilihan presiden. Dimana saya menjadi capres dalam pencoblosan pemilu 17 April 2019 mendatang. Kenapa saya tidak minta dukungan? Karena bagi saya itu ulama, pesantren, tempatnya harus diatas politik praktis,” ucap Prabowo Subianto yang datang mengenakan busana safari cokelat dan peci hitam.

Prabowo berpendapat, sosok kiai atau ulama itu milik milik seluruh rakyat Indonesia. Tetapi sebagai pribadi warga negara, dia mengaku berhak mempunyai hubungan dekat dengan ulama. Kedekatannya itu sudah lama dia jalin saat masih berseragam tentara aktif.

“Tentara ya dekat denga kiai. Karena tentara itu sudah tanda tangan siap menghadapi maut saat berangkat tugas demi membela bangsa dan negara. Kalau kita mati dalam medan pertempuran ya mati sahid. Maka, anak muda kalau sudah siap harus mati ya cari kiai. Minta doa,” ucapnya.

Mengingat hal itu, Ketua Umum Partai Gerindra ini mengaku selalu berusaha menjaga marwah agama, marwah ulama dan juga menjaga kerukunan antar semua agama dan antar suku. Upaya tersebut sebagai bentuk kebanggaannya menjadi anak bangsa Indonesia. Sebab dalam kehidupan beragama itu pasti saling menghormati, saling melindungi dan saling membantu antar agama.

“Saya juga meningatkan kepada warga partai Gerindra untuk jangan merusak tatanan dan selalu mawas diri. Kalau pemimpinmu sendiri tidak mau datang ke pesantren untuk minta dukungan politik, jangan saudara coba-coba. Saya akan tegas kepada anggota Gerindra yang melanggar aturan dan tata tertib kesepekatan kita. Kita harus menghormati kiai, pesantren, dan memberi contoh,” imbuhnya.

Dalam kunjungannya itu, Prabowo ditemani Ketua Umum PAN sekaligus Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, dan mantan Gubernur Jawa Tengah Letjen Purn. Bibit Waluyo. Sebelum ke Klaten, Prabowo juga sempat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Prabowo-Sandi dan mengunjungi pabrik buku Kiky milik orang tua pembalap Formula 1, Rio Hariyanto.