Personil Polwan dan Bhayangkari Klaten Bagikan Takjil Gratis

KLATEN – Puluhan polwan dan Bhayangkari Polres Klaten memilih berbagi kepada sesama di Bulan Suci Ramadhan dalam bentuk pembagian takjil bagi pengguna jalan. Aksi sosial itu dilakukan di sepanjang Jalan Pemuda Klaten pada, Jumat (17/05) sore.

Dengan berseragam dinas lengkap, mereka mulai berjajar rapi di tepi jalan menjelang Maghrib sembari membawa kardus berisikan paket takjil. Lokasi utamanya berada trafic light samping Masjid Agung Al-Aqsha Klaten, mereka mulai menyebar di segela sudat trafic light untuk menawarkan menu takjil kepada pegguna jalan.

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah mengatakan total ada sekitar 1.000 paket takjil yang dibagikan kepada pengguna jalan dan masyarakat umum. Masing-masing paket takjil berisi minuman, kurma dan makanan ringan. “Ada 1.000 paket. Ya isinya memang tidak seberapa, namun setidaknya bisa bermanfaat bagi pengguna jalan untuk sekedar membatalkan puasa,” kata dia kepada wartawan usai membagikan takjil, Jumat malam.

Lebih lanjut disampaikan, dalam bagi-bagi takjil itu polisi juga menggandeng sejumlah pendukung pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) baik dai nomor urut 01, Jokowi-Amin maupun 02, Prabowo-Sandi untuk ikut serta. Mereka merupakan pendukung yang berasal dari Kabupaten Klaten.

Bobby mengaku, upaya itu dilakukan guna menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa Kabupaten Klaten tetap kondusif menjelang pengumuman penghitungan suara Pemilu pada 22 Mei mendatang. “Selain bersedekah, kami juga menggandeng teman-teman pendukung 01 dan 02 untuk ikut serta. Kita ingin menunjukkan bahwa Klaten tetap aman, tidak ada gesekan. Semua tetap bersatu meski sebentar lagi pengumuman,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, polisi yang turun ke jalan juga tak lupa untuk memberikan himbauan kamtibmas kepada pengguna jalan di bulan puasa. Masyarakat diminta tetap menjaga lingkungan terutama pada saat malam hari yang kebanyakan rumah sepi lantaran ditinggal pergi ke Masjid Shalad Tarawih.

Sementara itu, salah satu pengguna jalan, Anisa (24) mengaku senang dengan adanya bagi-bagi takjil ini. Dirinya berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan hingga mendekati Lebaran, atau setidaknya saat memasuki musim arus mudik. “Kalau saat mudik itu kan banyak kendaraan yang dari jauh, saya rasa takjil seperti ini akan sangat bermanfaat bagi mereka nanti. Jadi ya saya harap bisa terus dilakukan,” kata Anisa. (aya).