Jumlah DPT di Klaten Bertambah 19.179 Pemilih

KLATEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2019 sebanyak 1.008.282 pemilih. Penetapan itu berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi daftar pemilih tetap hasil perbaikan (DPTHP) II di kantor KPU setempat.

“Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno ditetapkan DPT hasil rekapitulasi perbaikan tahap II sebanyak 1.008.282 pemilih. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 19.179 calon pemilih. Pasalnya, pleno rekapitulasi DPTHP tahap I tercatat ada 989.103 pemilih,” kata Ketua KPU Klaten Kartika Sari Hndayani, Selasa (13/11).

Kartika menjelaskan, penetapan DPTHP tahap II tersebut merupakan hasil tindak lanjut dari perbaikan di tingkat KPU pusat pada 19 September lalu. Selama 60 hari setelah pleno penetapan DPTHP tahap I, penyisiran dan perbaikan DPT melibatkan partai politik peserta pemilu, Bawaslu dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Lebih lanjut Kartika menambahkan, hasil DPTHP tahap II ini selanjutnya akan direkapitulasi secara nasional di Jakarta Pada 15 November mendatang. Jika masih ada calon pemilih yang belum terdaftar namun sudah memiliki syarat sebagai pemilih tetap diperbolehkan menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019.

“Para calon pemilih yang belum terdaftar dalam DPTHP II ini tetap masih berkesempatan mengunakan hak pilihnya pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD dan DPRD pada 17 April 2019. Asalkan memenuhi syarat sebagai pemilih dan tentunya memiliki e-KTP,” jelasnya.

Komisioner Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Klaten Wandiyo Supriyatno menyebut, target partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 di Kabupaten Klaten ditetapkan sebesar 77,5 persen. Target tersebut sama seperti pada penyelenggaran Pilgub Jateng 2018.

“Kami optimistis target tersebut bisa dicapai. Makanya kita gencar melakukan sosialisasi ke berbagai segmen masyarakat, termasuk pemilih pemula dan kaum perempuan,” katanya.