Jelang Akhir Tahun, 8 Perwira Polres Klaten Dimutasi

KLATEN – Sebanyak delapan perwira di lingkungan Polres Klaten mengalami mutasi dan rotasi jabatan dalam upacara serah terima jabatan (sertijab), Selasa (27/11). Dari jumlah itu, dua perwira di antaranya bertukar jabatan dengan dua perwira lainnya dari Polres Boyolali.

“Kasat Sabha Polres Klaten bertukar dengan Kasat Sabhara Polres Boyolali. Sedangkan untuk posisi Kabag Sumda di sini pensiun, maka datang pengganti barunya dari Polres Sragen,” kata Kapolres Klaten AKBP Juli Agung Pramono, usai sertijab di halaman Mapolres setempat.

Informasi dihimpun, delapan perwira tersebut meliputi, Kompol Endang Sri Hastuti yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagren Polres Sragen kini bertugas sebagai Kabag Sumda Polres Klaten. Kompol Joko Hariyanto sebelumnya Kabagren Polres Klaten kini menempati jabatan Kabag Sumda Polres Boyolali.

Kompol Linda Dwi Purwani sebelumnya Kabagren Polres Boyolali menjadi Kabagren Polres Klaten, disusul AKP Danang Eko Purwanto sebelumnya Kapolsek Kemalang menjabat Kasat Intel Polresta Magelang. Sedangkan jabatan Kapolsek Kemalang diisi oleh Iptu Edy Prastyo yang sebelumnya Kaposek Kalikotes.

Kemudian Kapolsek Kalikotes dijabat oleh Iptu Jaka Waluya yang sebelumnya Kasiwas Polres Klaten. Selanjutnya AKP Damin yang sebelumnya Kasat Sabhara Polres Klaten kini menjadi Kasat Sabhara Polres Boyolali, jabatannya diganti oleh AKP Edi Sukamto sebelumnya Kasat Sabhara Polres Boyolali.

Menurut Juli Agung, mutasi jabatan ini merupakan hal wajar dan bagian integral dari pengembangan karier anggota Polri. Pihaknya meminta kepada personil kepolisian agar segera menyesuaikan dengan jabatan yang baru. Apalagi dalam waktu dekat di Klaten ada hajatan Pilkades serentak yang disusul Pemilu 2019.

“Organisasi harus dinamis. Karena biasanya kalau sudah menjabat lebih dari setahun atau dua tahun ada kejenuhan. Bukan berarti tidak produktif, tetapi bisa kurang maksimal. Maka harus dinamis,” pungkas Kapolres.