Digelontor Rp 81 Miliar, DPU-PR Klaten Fokus Melanjutkan Pembangunan Jalan yang Belum Rampung

KLATEN – Dinas Pekerjaan Umum-Penataan Ruang (DPU-PR) Klaten mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp 81 miliar untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan pada tahun 2019 mendatang. Anggaran tersebut lebih kecil ketimbang alokasi tahun ini yang mencapai Rp 200 miliar.

“Anggaran untuk Bina Marga tahun depan itu ya Rp 81 miliar itu saja. Tetapi tetap kami maksimalkan untuk pemeliharaan tiga jembatan sekitar 10 milyar. Baru sisanya untuk infrastruktur jalan dan trotoar,” kata Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga DPU-PR Klaten, Suryanto, Senin (3/12).

Suryanto menjelaskan tiga jembatan yang akan dibangun tahun depan itu meliputi Jembatan Bunder Cilik di ruas jalan Jiwan-Kayumas, Jembatan Papak di ruas Jalan Bayat-Kalisogo dan Jembatan Mlese di Kecamatan Gantiwarno. Pasalnya, kondisi ketiga jembatan itu sudah mengalami kerusakan lumayan parah.

Sedangkan untuk anggaran pembangunan jalan difokuskan pada pekerjaan jalan yang tahun ini belum selesai. Meliputi, ruas Pasar Kembang-Dompol, Manisrenggo-Kadilajo, Pasar Senggol-Karangwuni, Mlese-Ngandong, Nangsri-Tanjungsari. Kemudian ruas jalan Tanjungsari-Manisrenggo, Polanharjo-Karanglo, Krakitan-Mundu hingga Mipitan-Karangnongko.

“Pekerjaan pengaspalan maupun betonisasi tergantung kondisi di lapangan. Kalau konstruksi dari betonisasi masih memiliki jangka waktu satu atau dua tahun kita aspal atasnya terlebih dahulu,” jelas Suryanto.

Selain itu, Bidang Bina Marga juga mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 20 miliar. DAK tersebut akan digunakan untuk peningkatan dan pembangunan jalan di tiga ruas, yakni Jalan Karangasem-Jentir, Ngaran-Mlese dan Ngemplak Seneng-Panggang. Seluruh proyek pengerjaan jalan tersebut ditargetkan selesai pada 2019.

Sementara itu, Kepala DPU-PR Klaten Tajudin Akbar menambahkan, tahun depan secara keseluruhan dinas yang dipimpinnya itu mendapatkan anggaran sebesar Rp 161 milyar. Kendati jumlah anggaran yang diterimanya ada penurunan, tetapi pihaknya tetap akan mengoptimalkan pembangunan infrastruktur di Klaten.

Selain itu, pihaknya tahun 2019 juga membangun tiga jembatan. Antara lain, Jembatan Bunder Cilik di ruas jalan Jiwan-Kayumas, Jembatan Papak di ruas Jalan Bayat-Kalisogo dan Jembatan Mlese di Kecamatan Gantiwarno.