143 SK Kenaikan Pangkat PNS Klaten Tertunda

KLATEN – Sebanyak 629 PNS di Kabupaten Klaten menerima Surat Keputusan (SK) kenaikan pangkat. Sedangkan 143 PNS lainnya terpaksa harus tertunda karena berbagai alasan dan proses di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Usulan kenaikan pangkat bagi PNS di lingkungan Pemkab Klaten periode 1 April 2018 sejumlah 772 orang. Namun yang hari ini telah mendapakan pengesahan nota persetujuan BKN dan SK-nya siap diserahkan sejumlah 629 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten, Surti Hartini, Kamis (26/4).

Meski sudah diusulkan, beber Surti, sebanyak 143 PNS yang belum dapat menerima SK kenaikan pangkat lantaran terdapat bahan tidak lengkap. Di antaranya, pejabat fungsional tertentu yang naik pangkat jabatan belum melampirkan SK kenaikan jabatan, masih terdapat penuangan nilai PAK (Penilaian Angka Kredit) yang salah, baik di masa penilaian PAK maupun penuangan nilainya khususnya bagi fungsional guru.

“Kemudian ada beberapa pejabat fungsional tertentu yang tidak bisa menyusun PAK lebih dari 5 tahun dan tidak ada pemberhentian sementara. Beberapa hal tersebut menyebankan nota pertimbangan teknis dari BKN terlambat persetujuannya dan sebagian juga masih belum dapat disetujui,” bebernya.

Penyerahan ratusan SK kenaikan pangkat secara simbolis dipimpin langsung oleh Bupati Klaten Sri Mulyani di Pendopo Setda Klaten. Adapun rincian penerima SK kenaikan pangkat itu meliputi PNS Golongan II/b sebanyak 500 orang, Golongan IV/a dan IV/b sebanyak 129 orang.

“Selamat atas kenaikan pangkat ini. Mari kita bekerja keras dan cerdas untuk mewujudkan klaten yang maju, mandiri dan berdaya saing,” pesan Bupati Klaten Sri Mulyani.